Sabtu, 18 Februari 2012

Mempertahankan Memori Otak dalam Kondisi Prima


Menjaga dan mempertahankan memori otak dalam kondisi yang prima adalah bagian penting dari fungsi otak. Untuk sekarang dan kemudian, tindakan kita sangat bergantung pada banyak informasi yang kami mengambil dari bank ingatan kita. Informasi tersebut dapat berupa memori jangka pendek maupun  memori jangka panjang. Memori jangka panjang akan muncul secara spontan tanpa terlalu banyak usaha ketika dibutuhkan. Memori jangka panjang ini informasi dari akumulasi hal-hal yang tersimpan dalam memori otak. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menjaga memori otak Anda dalam kondisi prima.
Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mempertahankan memori otak Anda dalam kondisi prima adalah sebagai berikut:
  • Jauhkan perhatian dari semua gangguan di sekitar  Anda sekaligus fokus pada informasi yang diperlukan untuk disimpan di bank memori Anda. Semakin Anda berkonsentrasi pada informasi, semakin baik kesempatan menyimpannya dalam memori Anda.
  • Menggunakan arti yang paling ideal atau indera saat mengumpulkan informasi, atau biasa disebut sebagai ketajaman dalam penginderaan lingkungan.
  • Menulis informasi akan sangat membantu mengingat informasi  tersebut. Hal ini terbukti sangat efektif terutama dalam pengumpulan informasi yang sangat panjang dan membosankan seperti catatan kuliah atau wawancara pribadi. Pastikan Anda selalu memiliki dan membawa buku catatan, misalnya notes kecil atau buku agenda.
  • Usahakan untuk melakukan diet yang tepat.  Makanan berminyak dan makanan terlalu manis berpengaruh negatif kepada kinerja memori otak. Minum banyak-banyak air putih berdampak  meningkatkan kinerja tubuh Anda secara keseluruhan termasuk kinerja memori otak.
  • Istirahat yang cukup.
  • Luangkan waktu untuk bersantai untuk menghindari stres.
  • Tetap berpikiran  positif, kreatif, dan energik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar